7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Kemampuan yang Harus Dimiliki Sebagai Syarat Masuk Jurusan Pertambangan

Semua orang akan setuju bahwa Indonesia memiliki kekayaan aset mineral, seperti emas, batu bara, dan minyak. Inilah sebabnya mengapa banyak orang tertarik untuk belajar dan mengejar karir di pertambangan di masa depan. Bagi Anda yang ingin memajukan pendidikan pertambangan Anda, pertama-tama mari kita tinjau beberapa keterampilan dasar sebagai syarat masuk jurusan pertambangan.

Skill Wajib Sebagai Syarat Masuk Jurusan Pertambangan

Syarat Masuk Jurusan Pertambangan

1. Kemampuan observasi dengan tingkat ketelitian yang tinggi

Sebagian besar mineral ditemukan jauh di bawah permukaan bumi. Oleh karena itu, observability menjadi poin utama jika Anda ingin berkarir di departemen pertambangan. Sedikit pun jika ada ciri dan tanda yang dapat menunjukkan adanya mineral, sangat bermanfaat untuk melengkapi proses eksplorasi mineral.

2. Teamwork yang baik

Ketika datang ke survei untuk turun ke lapangan dan melakukan penggalian, tingkat keberhasilan sebuah proyek sangat tergantung pada kemampuan untuk berkolaborasi di antara tim. Dari luasnya area yang harus kita jelajahi, pengoperasian alat berat, hingga proses profiling tidak bisa dilakukan sendiri. 

Keterampilan komunikasi, manajemen dalam membagi tanggung jawab pekerjaan, serta tidak mengkhawatirkan ego sendiri adalah hal penting yang perlu Anda kuasai sebagai syarat masuk jurusan pertambangan.

3. Senang membaca

Terdengar klise, namun dalam dunia pertambangan Anda akan sering menemukan dokumen yang berisi prosedur eksplorasi, prosedur keselamatan kerja, dan cara mengoperasikan alat berat. Tentu saja, jika Anda tidak suka membaca, itu dapat mengganggu proses pembelajaran dan pengerjaan, yang kemudian dapat memengaruhi rekan satu tim Anda di lapangan.

4. Kemampuan bertahan hidup menjadi poin plus

Sebagian besar proyek perlu diselesaikan selama beberapa minggu hingga bulan. Meskipun tempat tinggal sementara sering tersedia, Anda sering kali harus tinggal di tambang dan tidur di luar ruangan. Oleh karena itu, penting untuk menguasai keterampilan dasar bertahan hidup, seperti mendirikan tenda, menyediakan peralatan, kebutuhan makanan dan air, membuat peralatan alami untuk mendukung Anda dalam kehidupan di alam liar.

5. Mampu mengambil risiko dan keputusan secara cepat

Selama eksplorasi dan penambangan, Anda mungkin harus membuat beberapa keputusan penting. Memang, syarat masuk jurusan pertambangan ini penting karena Anda harus memahami manajemen risiko atau mempelajari log dan catatan eksplorasi sebelumnya, dapat membantu proses pengambilan keputusan.

Related Posts
SHARE
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar