7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Apakah Produk Hypoallergenic Aman untuk Kulit Sensitif?

Hypoallergenic Adalah

Anda pasti sudah sering melihat produk berlabel "hypoallergenic", terutama produk perawatan kulit entah itu untuk bayi dan orang dewasa. Hypoallergenic adalah label yang memang sudah umum ditemukan untuk berbagai produk yang bebas alergen sehingga lebih cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif.

Apa Itu Hypoallergenic?

Hypoallergenic adalah pernyataan bahwa produk mengandung sejumlah kecil alergen atau alergen atau bahkan tidak ada sama sekali. Oleh karena itu, orang dengan kulit sensitif umumnya dapat menggunakan produk dengan label ini dengan aman. Tapi, tentu saja tidak 100% aman bagi semua orang tergantung pada kondisi kulit mereka, tapi setidaknya jauh lebih aman daripada produk lain yang banyak mengandung alergen. 

Hypoallergenic memang sering kita kenal dan terlihat pada label kosmetik dan produk perawatan kulit bayi dan orang dewasa. Namun sebenarnya label ini juga ditemukan di produk-produk lainnya seperti mainan bayi, deterjen pakaian, pakaian, hingga produk makanan. 

Apakah Produk Hypoallergenic Pasti Aman?

Jika ditanya mengenai hal ini, sebenarnya jawabannya adalah relatif. Masalahnya adalah setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda-beda terhadap bahan alergen. Jadi ada kemungkinan jika sebuah produk hypoallergenic yang digunakan kepada Anda mungkin bisa saja tidak cocok dengan orang lain. 

Sebagian orang mungkin tidak akan mengalami reaksi tertentu karena tingkat kepekaan kulit yang tidak terlalu sensitif. Namun, sebagian lainnya mungkin menhalami gatal atau rasa tidak nyaman setelah menggunakan produk yang sama. Bahkan, beberapa orang bahkan mungkin mengalami reaksi alergi yang parah. 

Jadi jika Anda memiliki kulit sensitif, pilihan yang tepat memang adalah menggunakan produk dengan label hypoallergenic, namun sebagai pengguna yang bijak, Anda masih harus tetap memperhatikan kandungan bahan-bahan yang ada dalam produk yang ingin digunakan sehingga bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Baca Label Produk Hypoallergenic

Harap baca label pada kemasan terlebih dahulu sebelum membeli produk meskipun memang sudah ada label hypoallergenic. Beberapa hal yang harus diperiksa sebelum membeli produk yaitu:

1. Daftar Bahan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam produk yang akan Anda beli apa pun itu adalah daftar bahannya. Anda dapat memeriksa daftar bahan untuk melihat apakah ada bahan yang dapat menyebabkan alergi. Pastinya setiap orang tentu memiliki bahan yang menyebabkan alergi yang berbeda-beda. 

2. Bahan Aktif

Beberapa produk mencantumkan bahan aktif dan tidak aktif secara terpisah. Jadi, pastikan untuk memastikan bahan aktifnya aman untuk kulit Anda dan keluarga.

3. Nama Kimia Bahan

Sebagian besar label makanan kemasan biasanya menggunakan nama kimia yang tampaknya sebenarnya tidak berbahaya. Misalnya, soda kue dapat digunakan sebagai natrium bikarbonat atau soda bikarbonat. Jadi, Anda harus mempelajari berbagai nama bahan yang tidak Anda kenal.

4. Bahan-Bahan Nabati

Perhatikan nama bahan nabati yang mungkin membuat Anda alergi. Biasanya label pada kemasan berisi nama bahan yang sulit dipahami seperti lavender dieja Lavandula angustifolia dan beras yang ditulis sebagai Oryza sativa. Jadi, jangan lupa untuk mempelajari lebih lanjut tentang nama ilmiah pada label produk.

Meskipun Anda telah memilih produk yang dianggap paling aman untuk Anda, Anda tetap harus memperhatikan reaksi alergi yang kemungkinan dapat muncul seperti gatal-gatal, kulit kemerahan, bersin, dll. 

Hypoallergenic adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang lebih sensitif terhadap penggunaan produk, namun tetap harus berhati-hati. Anda bisa mendapatkan informasi seputar alergi dan kebersihan yang lebih lengkap dengan mengunjungi Cleanipedia.com.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar