7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Bupati Tanbu Wacanakan Pembangunan Rumah Sakit di Satui, Siapkan Anggaran Rp 65 Miliar

Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar

Tanahbumbu.com - Saat ini, luasan wilayah Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu) mencakup 12 kecamatan, 144 desa, 5 kelurahan ditambah 8 Desa Persiapan.

Sedangkan untuk rumah sakit umum daerah (RSUD) hanya satu lokasinya di Desa Sepunggur Kecamatan Kusan Hilir dan satu rumah sakit swasta di Simpangempat.

Dua rumah sakit ini, berada di wilayah perkotaan, sementara kecamatan yang jauh dari perkotaan adalah Kecamatan Satui yang berbatasan Kabupaten Tanahlaut.

Bupati Tanahbumbu dr HM Zairullah Azhar, belum lama tadi saat melantik Pj Kepala Desa di Kecamatan Satui, menyampaikan kepada masyarakat terkait rencana pembangunan rumah sakit.

Jelas pernyataan Zairullah itu, disambut tepuk tangan dengan harapan pelayanan masyarakat di kecamatan Satui dan sekitarnya bisa terlayani dengan cepat.

Sekretaris Daerah Tanbu, H Ambo Sakka, saat dikonfirmasi membenarkan rencana tersebut bahkan sudah dibahas bersama pimpinan daerah.

"Betul, rencana tersebut di Satui. Kita akan anggarkan pembangunan rumah sakit sebesar 65 Miliar di Kecamatan Satui," katanya, Minggu (8/8/2021).

Tahun ini sudah ada pembicaraan dan rencananya dianggarkan di tahun 2022 mendatang.

Alasan pembanguan rumah sakit, karena jarak ke RSUD dr H Andi Abdurrahman Noor Tanbu terlalu jauh, yakni lebih kurang 100 KM atau perlu waktu sekitar 2 jam.

"Pelayanan kepada masyarakat memang sangat penting agar mereka tak jauh-jauh lagi jika ingin dirujuk dari Puskesmas," katanya.

Sementara itu, Camat Satui, Abdul Rahim, mengatakan penduduk Satui merupakan kedua terbanyak setelah Kecamatan Simpangempat.

Jumlah penduduknya sekitar 53 ribu dan 15 ribu KK.

"Jadi sangat layak menurut saya, apalagi menuju rumah sakit sangat jauh, kasihan yang sedang sakit, lama di perjalanan. Warga sangat mengharapkan pembangunan Rumah Sakit itu," katanya.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar