7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Asal Usul Tari Tambun dan Bungai

Tari Tambun berasal dari daerah kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Bagi Anda yang lahir di provinsi Kalimantan Tengah, tentunya Anda sudah tahu tentang seni tari yang menjadi salah satu kesenian khas dari provinsi Kalimantan Tengah ini.

Tetapi, bagi Anda yang berada di luar dari provinsi ini, apalagi memiliki wawasan yang kurang luas mengenai kesenian daerah, tentunya Anda bingung apa itu Tarian adat Tambun. Bagi Anda yang ingin lebih tahu mengenai Tarian ini, Anda dapat ikut membaca artikel berikut ini.

Asal Usul Tari Tambun dan Bungai

Pengertian Tari Tambun dan Bungai


Tari Tambun adalah salah satu jenis tarian yang mengisahkan kepahlawanan Tambun dan Bungai di dalam mengusir musuh yang akan berencana untuk merampas hasil panen rakyat. Biasanya tarian yang satu ini dimainkan oleh sekelompok penari wanita yang mengenakan busana sama.

Sejarah Tari Tambun


Tambun dan Bungai adalah seorang tokoh legenda suku dayak ot danum yang bertempat tinggal di wilayah kabupaten gunung mas, tepatnya di pulau Kalimantan. Tambun dan Bungai ini selalu dianggap sebagai tokoh supranatural dan juga nenek moyang dari suku Dayak.

Tambun dan Bungai juga bersaudara sepupu tetapi mempunyai sifat dan karakteristik yang sama. Keduanya mempunyai sifat cerdas, ramah, lemah lembut, bijaksana, dan pantang menyerah. Tambun dan Bungai mempunyai perasaan yang satu. Jika salah satu diantara mereka merasa bersedih, maka yang satunya juga akan ikut merasakan kesedihan yang dialaminya.

Salah satu peristiwa paling penting yang menjadikan Tambun dan Bungai ini sebagai salah satu pejuang di Kalimantan Selatan yaitu mereka berdua selalu menang dalam pertempuran melawan musuh yang akan merampas tanah serta panen rakyat setempat yang sudah disebutkan di atas tadi.

Tambun dan Bungai kemudian mendapat gelar Nyai Udang raja di Pematang Sawang. Yakni gelar “Tumenggung Bungai Andin Sindai” dan “Tumenggung Tambun Terjun Ringkin Duhung”.

Karena perjuangan Tambun dan Bungai yang sangat terkenang, akhirnya masyarakat menciptakan kebudayaan tari sebagai bentuk untuk penghormatan mereka.

Keunikan Tari Tambun


Meskipun area atau situs-situs pemukiman dari Tambun dan Bungai terletak di desa Tumbang Pajangei, Kecamatan Tewah, Kabupaten Gunung Mas telah banyak yang hancur dimakan usia, tetapi lokasinya masih dianggap sakral dan merupakan tempat larangan.
Situs Tari Tambun dan Bungai Kalimantan Tengah menyimpan bermacam - macam bentuk peninggalan sejarah, antara lain berupa patung Tambun Bungai, Pasah Patahu Tambun Bungai, Kumpulan Penyang Pusaka, Situs Batu Bulan, dan Sandung Tamanggung Sempung.

Demikianlah ulasan kami mengenai Tari Tambun dan Bungai dari Kalimantan Selatan. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam memperluas wawasan.

Nah, itulah sejarah awal sejarah lahirnya Tari Tambun dan Sungai yang sangat fenomenal dan menjadi kisah legenda di antara Suku Dayak serta masyarakat yang ada di Kalimantan Tengah. Semoga kisah-kisah seperti Tambun dan Bungai ini tidak hilang, karena tidak ada yang menceritakan atau menuliskannya lagi.

Agar bisa melestarikan tari Tambun dan Bungai ini, kita harus terus mengembangkan sejarahnya. Seperti kata pepatah dari bapak bangsa, jasmerah! Jangan sekali-kali Anda melupakan sejarah.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar