7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Sekilas Mengenai Pulau Burung Tanah Bumbu

Sekilas Mengenai Pulau Burung Tanah Bumbu


Desa Pulau Burung Tanah Bumbu adalah desa yang terletak di pulau yang berbeda dari sejumlah pulau yang terdapat di Kalimantan Selatan. Desa yang satu ini merupakan pulau yang sangat kecil dan masih termasuk bagian dari dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Desa Pulau Burung ini juga menjadi satu-satu desa yang memiliki ukuran yang beda dari pulau lain dan masih masuk di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, atau lebih tepatnya terletak di Kecamatan Simpang Empat. Pulau Burung ini sebelumnya pernah berganti nama dari Pulau Burung menjadi Desa Pulau Panjang. Kemudian kembali lagi berubah nama ke asal yakni Pulau Burung.

Jaraknya, hanya sekitar 10 - 15 menit untuk menyebrang dengan menggunakan kapal dari kantor Satpolair Polres Tanah Bumbu. Setelah itu, pengunjung bisa menikmati dan melihat dermaga yang ada di Desa Pulau Burung. Dari kejauhan, akan terlihat jembatan titian dan 5 unit gazebo yang ada di dermaga desa ini sebagai tempat untuk bersantai.

Dari dermaga itu, masyarakat bisa langsung menikmati wisata hutan mangrove. Bahkan, jika Anda beruntung, maka Anda bisa melihat ikon Kalimantan yakni Bekantan yang hidup di wilayah Desa Pulau Burung ini. Selain itu,  ada juga wisata buah, mulai dari buah mangga, nanas, rambutan, langsat sampai durian dan buah-buahan yang lainnya.

Sehingga dijamin Anda tidak akan menyesal jika datang ke tempat wisata ini. Tim pemerintah pusat pun sudah turun ke desa agar bisa melakukan pengamatan untuk menjadikan wilayah ini menjadi Tempat wisata alam atau TWA. Wisata ini pun juga dianggap berbeda dan sangat menarik, karena potensinya yang cukup besar dibandingkan dengan wisata lainnya di Kabupaten Tanah Bumbu selain wisata pantai.

Pada tahun 2019 , pemerintah desa pun semakin meningkatkan wisata ini dengan dibangunkannya jembatan titian agar bisa berkeliling wisata hutan mangrove. Setiap tahunnya jembatan di tempat wisata ini semakin bertambah dan semakin terlihat keren.

Di wisata hutan mangrove yang satu ini, juga sudah berdiri beberapa unit gajebo. Sehingga Anda akan dapat benar-benar menikmati wisata hutan mangrove ini. Terlebih lagi, jika Anda beruntung, mereka dapat melihat ikon Kalimantan yakni Bekantan yang sudah disebutkan di atas tadi. Biasanya para Bekantan akan keluar dan sering membawa anaknya sehingga Anda bisa melihat bekantan di area wisata hutan mangrove ini.

Selain itu, tersedia kapal yang berkapasitas 50 penumpang dan akan dioperasikan di Desa Pulau Burung, dengan tarif sekitar Rp 20.000 Pulang Pergi. Sehingga Anda para pengunjung sudah bisa menikmati liburan dan berwisata di Pulau Burung dengan menggunakan kapal yang dicat warna warni. Bahkan sejumlah fasilitas dan televisi juga akan dilengkapi di dalam kapal tersebut

Desa Pulau Burung ini berinovasi menjadi wisata yang terbilang komplit untuk bersantai. Bahkan kedepannya juga akan dibangun sebuah villa di sekitar dermaga tersebut oleh pihak ketiga. Nah, itulah sekilas mengenai Pulau Burung Tanah Bumbu yang perlu Anda ketahui, jika ingin berkunjung.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar