7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Pesona Pesta Pantai Pagatan di Tanah Bumbu Kalimantan Selatan

 

Pesta Pantai Pagatan

Pantai Pagatan merupakan sebuah pantai yang berada di wilayah Desa Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Berjarak sekitar 285 Km dari Kota Banjarmasin, yang dapat ditempuh melalui jalur darat sekitar 7 jam perjalanan, atau 1 jam dari kota Batulicin (ibukota Tanah Bumbu).

Pantai Pagatan merupakan salah satu pantai terbaik yang ada di Kalimantan Selatan, karena memiliki panorama laut yang membiru, deburan ombak yg relatif kecil, pohon kelapa yang melambai-lambai dan angin laut yang bertiup sepoi – sepoi. Pantai yang satu ini terkenal akan sebuah acara ritual khas nelayan keturunan bugis yang biasanya disebut dengan Mappanretasi yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan pesta laut.

Pesta laut di Pantai Pagatan dilaksanakan setiap tahun pada bulan April, dan juga biasanya digelar hampir sebulan penuh. Pesta laut adalah sebuah ungkapan rasa syukur dari hasil laut yang melimpah, serta memohon perlindungan selama nelayan pergi melaut. Upacara ini meliputi kegiatan melabuhkan sesajen yang sebelumnya telah di bacakan mantra ataupun doa ke tengah laut. Biasanya acara yang satu ini juga dimeriahkan dengan adanya atraksi musik dan juga tarian-tarian tradisional.

Pada acara puncaknya akan dimeriahkan oleh kapal-kapal nelayan berhiasan menuju ke tengah laut. Selain itu, selama hampir tiga minggu, kota Pagatan setiap sore dan malamnya sejak dibuka hingga ditutupnya pesta adat nelayan pagatan terdapat pasar malam, yang menjual berbagai macam barang, seperti souvenir, pakaian, alat rumah tangga, dan tidak ketinggalan pula berbagai macam warung makan akan buka selama diadakannya Pesta Pantai.

Untuk menikmati indahnya panorama Pantai, akan lebih baik jika datang diwaktu pagi hari, sebab keindahan pantai akan terpancar dari sinar matahari yang menghiasi langit dengan warna emas. Suara deburan ombak yang tenang juga menjadi daya tarik para pengunjung untuk bersantai di pinggir pantai. Pasir putih pantainya memanjang dari barat ke timur serta luasnya yang mencapai 1,5ha sehingga akan memberikan ruang cukup bagi Anda untuk melakukan segala aktivitas ketika berlibur kesini.

Selain itu di sini Anda juga bisa membuat patung dari pasir, berjemur, menyusuri pantai dan juga berolahraga air. Memancing juga merupakan kegiatan menarik lainnya yang dapat Anda lakukan, karena kawasan di sekitar Pantai Pagatan terkenal sebagai salah satu sentra penghasil ikan laut bagi Kabupaten Tanah Bumbu.

Di sore hari eksotisme Pantai Pagatan makin terasa. Detik-detik menjelang matahari terbenam di balik ufuk cakrawala merupakan salah satu momen yang dapat Anda nikmati di sini. Saat-saat tersebut dapat Anda nikmati sambil bersantai di tepi pantai atau dari pondok-pondok wisata. Bila Anda bosan berada di sekitar pantai, Anda dapat mengunjungi perkampungan nelayan yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Selain menyaksikan secara langsung budidaya ikan, di sini Anda juga dapat menemukan beberapa keluarga yang menjual keripik ikan.

Fasilitas yang ada di Pantai Pagatan sudah cukup lengkap, dan bagi wisatawan yang ingin menginap, di pantai ini sudah tersedia villa dan penginapan dengan harga yang terjangkau. Dan bagi yang tidak kebagian tempat menginap, Anda jangan khawatir, karena masyarakat disini sudah siap membukakan pintu untuk tempat menginap para wisatawan, ada yang gratis ada juga yang berbayar. Nah, setelah Anda membaca pembahasan diatas apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Pesta Pantai Pagatan yang satu ini?

 

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar