7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Update COVID-19 Per 1 Juli: Kasus Positif COVID-19 Paling Banyak Masih Disumbang dari Tiga Daerah Ini

Update COVID-19

Pada 1 juli 2020, voi.id telah merelease berita mengenai kasus COVID-19 paling banyak yang disumbang oleh tiga daerah. Berikut ini beritanya yang telah kami rangkum!

Juru bicara dari pemerintah untuk penanganan COVID-19 yang bernama Achmad Yurianto membeberkan hasil dari pemeriksaan spesimen per 1 Juli. Dan hasilnya, sekitar 1.385 orang telah dinyatakan positif terjangkit virus corona, sehingga jumlah kasus positif virus corona di Indonesia telah mencapai sekiranya 57.770 orang.

Dalam jumlah penambahan kasus positif tersebut, dengan berdasarkan hasil pemeriksaan dari 21.738 spesimen. Adapun total pemeriksaan secara nasional telah mencapai sekitar 825.636 spesimen.

Achmad Yurianto mengatakan, daerah penyumbang kasus positif COVID-19 terbanyak berasal dari tiga daerah yakni, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Namun jika dilihat berdasarkan dari data, 16 Provinsi telah melaporkan kasus di bawah angka 10 kasus. Lalu 5 Provinsi yang tercatat tidak terjadi penambahan dalam kasus positif COVID-19.

Nah, beberapa daerah pun juga tercatat mempunyai penambahan kasus sembuh yang terbilang cukup banyak. Seperti, Banten dengan 21 orang yang telah dinyatakan sembuh dan Bali dengan 62 kasus sembuh.

Yuri di Graha BNPB mengatakan "Sehingga hari ini kalo dihimpun kasus sembuh meningkat 789. Sehingga totalnya menjadi 25.595 orang yang sudah sembuh,"

Jika melihat data yang telah dihimpun dalam waktu sepekan terakhir, kasus sembuh secara nasional mempunyai sebuah persentase sekitar 43,2 persen. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata para pasien sembuh dari COVID-19 di Indonesia masih di bawah angka dunia yang mencapai sekiranya 54,23 persen.

Tetapi, jika diamati dan dibandingkan dengan setiap provinsi yang ada di Indonesia, maka beberapa daerah sudah mempunyai persentase yang jauh di atas angka dunia. Sekurang-kurangnya, terdapat belasan Provinsi yang tingkat persentasenya di atas angka 70 persen.

Beberapa daerah di antaranya, seperti Riau dengan tidak kesembuhannya 73,5 persen, Sumatera Barat sebesar 81,1 persen, Lampung 79,3 persen, Bengkulu sebesar 71,2 persen, dan Bangka Belitung 86,8 persen.

"13 provinsi ini memiliki angka kesembuhan di atas 70 persen. Kesembuhan ini bisa dicapai karena memang secara dini kita bisa menemukan kasus covid-19 terkonfirmasi dengan gejala ringan sedang yang segera kita tangani di rumah sakit," Yuri menambahkan.

Angka kematian di bawah rata-rata

Yuri mengatakan sementara dalam segi kasus meninggal, tingkat persentase yang ada di Indonesia masih tergolong cukup baik. Dimana dalam penambahan angka kematian pada 1 juli 2020 sebanyak 58 orang. Sehingga total orang yang telah meninggal dunia akibat virus corona ini sebanyak 2.934 orang, yang menjadi 5,09 persen secara nasionalnya.

Menurut Yuri, kalau dibandingkan dengan angka kematian COVID-19 dunia, Indonesia masih terbilang cukup rendah. Angka kematian dunia akibat virus yang satu ini sekiranya mencapai 5,28 persen.

"Artinya kita masih berada di rata-rata dunia. Bahkan ada 23 provinsi yang angka meninggalnya di bawah 5,28 persen, artinya di bawah rata-rata global," Yuri mengatakan lebih tegas.

Nah, sejauh ini pun gugus tugas masih tetap melakukan pemantauan terhadap ODP sebanyak 45.192, dan juga masih melakukan pengawasan secara khusus pada pasien yang terjangkit COVID-19 dalam pengawasan di rumah sakit seluruh Indonesia sebanyak 13.182 orang. Selain itu, 451 Kabupaten/Kota dari 34 Provinsi di Indonesia telah terdampak penyebaran COVID-19.

Nah, itulah berita mengenai Update COVID-19 Per 1 Juli yang direlease oleh voi.id atau voice of indonesia pada lamannya.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar