7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Sekda Rooswandi Kembali Panggil DLH, Tanyakan Soal Penanganan Sungai Satui Tercemar

Sekda Tanahbumbu H Rooswandi Salem
Sekda Tanahbumbu H Rooswandi Salem

TanahBumbu.com, SATUI - Sekretaris Daerah Tanahbumbu H Rooswandi Salem, Senin besok kembali akan memanggil Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menanyakan secara kongkret hasil investigasi, terkait air sungai Satui tercemar limbah kegiatan penambangan.

Menurut Rooswandi, sebelumnya telah memerintahkan DLH melakukan investigasi, setelah adanya keresahan di masyarakat khususnya nelayan karena tidak bisa melakukan aktivitas penangkapan ikan.

Berdasarkan laporan DLH, diungkapkan Rooswandi, ada beberapa perusahaan mengantongi izin usaha produksi (IUP). Selain ada beberapa yang tidak mengantongi izin resmi terkait kegiatan tersebut.

Namun ditegaskan Rooswandi, masih dari laporan DLH. Terkait pencemaran sungai, bukan saja kewenangan DLH Kabupaten. Tapi juga kewenangan DLH Provinsi.

"Memang (DLH) sudah lakukan upaya, koordinasi dengan Provinsi. Namun terakhir laporan resmi dari DLH belum saya terima," kata Rooswandi, Minggu (2/2/2020).

Terkait tercemar lagi air sungai Satui seperti dinformasikan Camat, karena kondisi air yang tiba-tiba berubah warna. Mengakibatkan keresahan nelayan karena tidak bisa lagi menangkap ikan.

Apa kendalanya sehingga permasalahan pencemaran ini masih terulang? Rooswandi belum bisa merincikan, karena masih menunggu laporan resmi dari DLH.

"Beberapa kali memanggil, katanya masih berkoordinasi dengan Provinsi. Dan, belum juga melihat resmi secara pasti dari DLH Provinsi seperti apa langkah kongkretnya dalam upaya penanganan. Besok (Senin) saya akan panggil lagi DLH untuk melaporkan dan mengambil langkah antisipasi," tandas Rooswandi.

Sementara kembali berita di lansir masih belum didapat konfirmasi resmi Kepala DLH Tanahbumbu. Berkali-kali dihubungi telepon genggamnya, belum terangkat.

Sumber : https://banjarmasin.tribunnews.com/2020/02/02/sekda-rooswandi-kembali-panggil-dlh-tanyakan-soal-penanganan-sungai-satui-tercemar.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar