7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Sajikan Data Statistik Berbasis Spasial, Pemkab Tanbu Luncurkan SiSADAP

Pemkab Tanbu melaunching aplikasi SiSADAP, Senin (24/02)
Pemkab Tanbu melaunching aplikasi SiSADAP, Senin (24/02)

TanahBumbu.com, BATULICIN – Data memiliki peranan yang sangat penting dalam keberhasilan atas usaha-usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menyejahterakan masyarakatnya.

Sebab jika birokrasi pemerintah memiliki data yang terintegrasi, sektoral, valid, dan terbaru, maka akan menjadi pijakan yang kuat bagi setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam merencanakan suatu program maupun kegiatan.

Untuk ini, Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) meluncurkan Sistem Informasi Satu Data Satu Peta (SiSADAP), di Gedung Mahligai Bersujud, Senin (24/02).

“SiSADAP adalah satu inovasi alat bantu kerja pemerintah daerah dari dinas komunikasi dan informatika untuk menjawab tantangan penyajian data statistik berbasis spasial,” terang Kepala Diskominfo Tanbu, Ardiansyah.

Ia menjelaskan SiSADAP adalah aplikasi yang mampu menyajikan data dan lokus setiap indikator kinerja atau pekerjaan yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Melalui aplikasi ini, informasi yang diberikan dapat mempermudah para pengambil kebijakan ataupun pemegang kepentingan untuk menyusun perencanaan, melaksanakan, memonitoring, dan mengevaluasi program dan kegiatannya,” jelasnya.

Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor, saat melaunching Sistem Informasi Satu Data Satu Peta (SiSADAP) di hadapan seluruh kepala SKPD menyambut baik dengan inovasi ini.

“Selaku kepala daerah saya menyambut baik, Aplikasi Sistem Informasi Satu Data Satu Peta, yang juga merupakan amanat atau intruksi dari Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia,” ujarnya.

Pada aplikasi ini, kata Sudian Noor, masyarakat calon penerima manfaat by name by adress by locus, sehingga bantuan-bantuan yang akan diberikan bisa lebih tepat sasaran.

“Dengan demikian masyarakat akan semakin merasakan, bahwa pemerintah hadir dalam mengatasi masalah-masalah mereka,” tuturnya.

Dengan aplikasi ini, pemerintah daerah dapat dengan mudah memantau pergerakan kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh setiap OPD.

“Jika Organisasi Perangkat Daerah berada pada titik merah, harus bergerak menjadi hijau ini artinya OPD telah berkinerja,” tuturnya.

Sudian Noor sangat berharap komitmen dari setiap OPD untuk dapat menyiapkan dan menyajikan data-data yang dibutuhkan dalam pengoperasian Aplikasi Sistem Informasi Satu Data Satu Peta.

“Saya harapkan agar Kabupaten Tanah Bumbu memiliki data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, dan mudah diakses, sehingga pembangunan di daerah ini semakin terarah dan tepat sasaran,” tandas Sudian Noor.

Kegiatan peluncuran SiSADAP dihadiri asisten bupati dan seluruh kepala SKPD di lingkup Pemkab Tanah Bumbu.

Sumber : https://apahabar.com/2020/02/sajikan-data-statistik-berbasis-spasial-pemkab-tanbu-luncurkan-sisadap/
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar