7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Penyebab Kulkas Tidak Dingin Sesuai Dengan Jenis Kulkas yang Digunakan

Kulkas seringkali tidak dingin dan pastinya akan merugikan karena bahan-bahan yang disimpan menjadi susah beku, tidak tahan lama, cepat rusak, bahkan dapat meningkatkan biaya listrik karena kompresor yang bekerja terus untuk mendinginkan udara kulkas.

Penyebab kulkas tidak dingin bermacam-macam dan juga tergantung pada jenis kulkas karena setiap kulkas memiliki cara kerja dan fitur yang berbeda.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Penyebab Kulkas 1 Pintu Tidak Dingin

Kulkas 1 pintu seringkali digunakan karena lebih praktis dan tidak memakan ruangan namun apa jadinya jika kulkas tiba-tiba rusak dan tidak dingin. Banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini terjadi salah satunya yaitu kompresor tidak menyala atau terjadi penyumbatan pada sirkulasi freon.

Masalah ini memiliki ciri-ciri dimana kulkas tidak dingin dan tidak mengeluarkan bunga es. Masalah seperti ini umumnya memang terjadi pada kulkas 1 pintu. Masalah lainnya yang membuat kulkas 1 pintu  tidak dingin yaitu karena evaporator tertusuk pisau atau benda tajam.

Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

Kulkas 2 pintu menjadi alternatif bagi mereka yang ingin menyimpan banyak bahan makanan atau minuman dengan ruangan freezer lebih luas. Namun kulkas yang tidak dingin akan membuat produk yang disimpan menjadi tidak awet dan cepat rusak yang akhirnya mengalami kerugian. Kulkas juga bisa menjadi bau.

Kulkas 2 pintu tidak dingin umumnya terjadi karena adanya kerusakan atau kebocoran freon. Bisa juga karena terjadi penyumbatan jaringan pipa. Untuk itu segera panggil teknisi kulkas untuk memperbaikinya dan mengisi freon kembali.

Penyebab lainnya bisa juga diakibatkan karena kinerja antara defrost ke nofrost tidak berjalan dengan normal. Hal ini bisa membuat evaporator mengalami pembekuan. Jika terjadi penyumbatan, bersihkan evaporator dengan menyiramkan air panas.

Masalah lain yang sering menjadi penyebab kulkas tidak dingin terjadi yaitu sirkulasi pendinginan mengalami masalah karena motor fan sirkulasi tidak menyala. Untuk masalah ini, kamu harus mengganti motor fan dengan yang baru. Namun bisa saja terjadi karena hal lain. Maka dari itu lakukan pengecekan komponen pendukung lainnya seperti defrost timer, thermostat, compressor, dan komponen penunjang lainnya.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar