7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Pencemaran Sungai Satui Diduga dari Tambang di Tala, Dewan Desak DLH Provinsi Berikan Sanksi

Nelayan Sungai Kembali Temukan Ikan Mati di Sungai Satui, Jumat (31/1/2020)
Nelayan Sungai Kembali Temukan Ikan Mati di Sungai Satui, Jumat (31/1/2020)

TanahBumbu.com, SATUI - Terkait pencemaran air sungai di Satui Kabupaten Tanahbumbu, hingga saat ini belum ada ketegasan dari pihak terkait dalam hak ini Pemerintah Daerah Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten TanahBumbu HM Alpiya Rakhman, Jumat (31/1/2020) yang juga merupakan anggota Dewan Daerah Pemilihan Satui, angkat bicara. Dia bahkan sudah berkoordinasi dengan pihak DLH.

"Kami sudah meminta DLH untuk segera menindak. Kemarin disamapikan DLH bahwa itu asalnya dari tambang kabupaten sebelah (Kabupaten Tanahlaut)," katanya.

Dengan keterlibatan dugaan pencemaran dari Kabupaten sebelah, DPRD Tanbu juga minta keterlibatan pihak provinsi. Sebab, pihak provinsi yang memiliki kewenangan untuk tindak lanjutnya.

"Pencemaran ini sudah kesekian kalinya, jangan sampai warga kami mati perlahan dengan pencemaran ini, pemerintah harus mengambil langkah," katanya.

Alpiya juga menyebutkan, temuan kemarin yang diduga dari tambang Kabupaten sebelah telah menjadi kewenangan Provinsi dn segera melayangkan sanksi.

Wakil Ketua DPRD Tanbu H Alpiya Rakhman

"Pencemaran ini sebaiknya dari DLH kabupaten atau provinsi yang mempunyai kewenangan sesegaranya melakukan sanksi terhadap perusahaan yang melakukan pencemaran, baik itu tambang atau sawit karena pencemaran ini bukan yang pertama kali tapi berkali kali, apa menunggu ada korban jiwa baru ada tindakan?" tandasnya.

Sumber : https://banjarmasin.tribunnews.com/2020/01/31/pencemaran-sungai-satui-diduga-dari-tambang-di-tala-dewan-desak-dlh-provinsi-berikan-sanksi.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar