7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Dinas Kesehatan Tanbu Lakukan Fogging di Desa Barokah

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, H Setia Budi

TanahBumbu.com, Simpang Empat – Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu bekerja sama dengan Puskesmas Simpang Empat melakukan penyemprotan asap (Fogging) di wilayah Desa Barokah, Kecamatan Simpang Empat, Kamis (23/1).

Fogging ini merupakan upaya pemerintah dalam mencegah sekaligus membasmi sarang nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, H Setia Budi mengatakan fogging yang dilakukan ini adalah tindakan dengan adanya kasus DBD yang sudah positif di wilayah Kecamatan Simpang Empat.

“Seperti yang diketahui belum lama tadi, ada salah satu warga di Desa Mekarsari, Kecamatan Simpang Empat yang meninggal dunia akibat terserang penyakit DBD dikarenakan terlambat berobat ke medis,” terangnya.

Setia Budi menjelaskan tindakan penyemprotan atau fogging sebenarnya tidak menyelesaikan akar masalah. Karena menurutnya fogging pada dasarnya hanya membasmi nyamuk dewasa saja dan tidak dapat membunuh jentik nyamuk. Namun demikian, ini merupakan salah satu upaya untuk memberantas dan membunuh nyamuk Aedes Aegypti.

“Langkah yang paling tepat sebenarnya adalah pencegahan dengan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui kegiatan gotong royong seluruh elemen masyarakat yaitu dengan cara membersihkan kaleng atau botol bekas, ban bekas, selokan dan lainnya yang tergenang air yang menjadi tempat berkembang biak nyamuk DBD. Serta pemberian abate pada penampungan air di dalam maupun di luar rumah warga,” bebernya.

Setia Budi mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar lebih berhati-hati menghadapi musim penghujan.

Pasalnya pada musim penghujan bibit jentik dan nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) dapat berkembang biak dengan cepat.

“Saya ingatkan kepada warga, lebih waspada terhadap gigitan nyamuk yang dapat mengakibatkan demam berdarah,” imbaunya.

Untuk menekan dan menghindari bersarang dan berkembang biaknya nyamuk DBD, Setia Budi juga mengajak seluruh elemen masyarakat, baik itu di instansi pemerintahan maupun swasta agar bergotong royong membersihkan lingkungan.

“Ayo kita sama-sama bersihkan lingkungan akan terhindar dari segala macam penyakit, khususnya DBD,” tandasnya.

Sejauh ini menurut laporan sudah tiga kecamatan di Tanah Bumbu yang terdeteksi terkena penyakit DBD yaitu Kecamatan Karang Bintang, Simpang Empat dan Kusan Hilir.

Sumber : https://apahabar.com/2020/01/dinas-kesehatan-tanbu-lakukan-fogging-di-desa-barokah/
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar